Hand sanitizer adalah solusi pengganti sabun cuci tangan yang praktis. Anda tidak perlu lagi repot mencuci tangan apabila sudah membawa gel pembersih tangan ini. Namun, apakah memakai hand sanitizer aman?

hand sanitizer

Apa yang terkandung dalam hand sanitizer?

Hand sanitizer mengandung alkohol, seperti ethyl alcohol, yang bekerja sebagai agen antiseptik. Hampir 90% produk hand sanitizer di pasaran mengandung ethanol atau ethyl alkohol.

Beberapa produk gel pembersih tangan yang mengklaim bebas alkohol menggantinya dengan komponen antibiotik yang disebut dengan triclosan atau triclocarban. Bahan ini juga terdapat dalam sabun dan juga pasta gigi.

Perlu kamu tahu, jika hand sanitizer sendiri memiliki banyak manfaat seperti :

A. Menjaga Kebersihan dan Mencegah Bakteri : Produk ini dirancang untuk membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya sehingga aman jika diaplikasikan pada kulit tangan apabila dilakukan dengan benar.

B. Dapat Digunakan untuk Benda Lain : Selain digunakan pada kulit tangan, hand sanitizer juga bisa diaplikasikan untuk membersihkan benda mati di sekitar kita. Misalnya saja untuk membersihkan layar hp dan laptop, membersihkan pegangan pintu, serta alat makan saat tidak tersedianya air. 

C. Fleksibel Saat Dibawa Bepergian:  Hand sanitizer biasanya dikemas dalam bentuk gel atau spray dalam ukuran botol yang mini, sehingga dapat dengan mudah dibawa di dalam tas kapan dan dimana saja.

Sayangnya jika digunakan terlalu sering, banyak yang mengeluhkan jika hand sanitizer dapat membuat kulit tangan menjadi kering karena kandungan alkoholnya di dalamnya.

Apa itu disinfectan

Disinfektan adalah bahan kimia seperti lisol, kreolin, yang digunakan untuk mencegah terjadinya pencemaran jasad resik. Disinfektan merupakan cara menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme baik virus maupun bakteri, pada objek permukaan benda mati.

disinfectant
disinfectant

Disinfektan yang ideal akan cepat menghancurkan bakteri, jamur, virus, dan protozoa tanpa merusak benda yang terkena cairan tersebut.

Dilansir dari laman Encyclopaedia Britannica, pengertian disinfektan adalah agen antimikroba yang dirancang untuk menonaktifkan atau menghancurkan mikroorganisme pada permukaan lembab. Meski mampu membunuh mikroorganisme, namun tidak semua bisa mati hanya dengan disinfektan. Beberapa mikroorganisme ekstrem tetap harus menggunakan bahan-bahan kimia yang lebih keras juga, seperti biocides.

Sekarang ini kedua produk ini sangat laris dipasaran dan dibutuhkan untuk kebutuhan sehari hari.

Untuk Anda yang ingin membuat produk seperti ini secara masal Anda dapat menghubungi kami

Kami dapat memenuhi kebutuhan hand sanitizer untuk rumah sakit, kantor kantor swasta dan juga kantor kantor pemerintahan.

Bahan yang kami gunakan juga Aman dan membunuh virus kuman dengan efectif.