Sinar Matahari ada yang bermanfaat dan tidak.

  • by
sinar matahari

Didalam kehidupan ternyata kita tidak sendiri ada sebuah tata surya yang sangat terkenal yaitu matahari.

Apa itu matahari ?

Matahari adalah bintang di pusat tata surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Diameternya sekitar 1.392.684 km, kira-kira 109 kali diameter bumi. Dan massanya mewakili kurang lebih 99.86% massa total tata surya.

Manfaat sinar matahari untuk kehidupan

Kehidupan di dunia sangat membutuhkan matahari untuk menjalani dan mengetahui kapan waktu pagi, siang dan malam. Energi sinar matahari bermanfaat antara lain untuk:

sinar matahari di hutan
sinar matahari di hutan
  1. Sangat baik untuk pertumbuhan tumbuh-tumbuhan karena akan terjadi fotosintesis pada tumbuhan ini yang akan bakal terjadinya bunga, buah dan tumbuh besarnya pada tumbuhan.
  2. Sangat baik untuk manusia, terutama adanya manfaat vitamin D yang terdapat pada saat kita berjemur di sinar matahari pagi. Sekarang ini sinar matahari juga sangat bagus untuk menghangatkan tubuh kita, saat berjemur dan sinar matahri dapat membakar bakteri dan virus yang menempel ditumbuh kita. (ayo Berjemur 1-2 jam)
  3. Sangat baik untuk rumah kaca dalam pertanian.
  4. Sangat baik untuk membantu power plan karena sinar matahari dapat dimanfaatkan panasnya, sebagai sumber listrik tenaga surya.
  5. Sangat baik untuk hewan dan kehidupan dilautan yang membutuhkan sinar matahari.

Dilansir dari alodokter. Menelisik lebih jauh manfaat sinar matahari bagi kesehatan dan kehidupan manusia, Manfaat sinar matahari pagi antara lain adalah:

  • Meningkatkan produksi vitamin D Paparan sinar matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D didalam tubuh. Vitamin D ini nantinya diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi dan otot.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Sinar matahari dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh. Sel darah putih memegan peranan penting dalam melawan berbagai penyebab inveksi.
  • Memperbaiki kualitas tidur Paparan sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur. Jika kadar melatonin didalam darah rendah, siklus darah Anda akan terganggu.
  • Mengatasi penyakit kulit Mendapatkan sinar matahari pagi hari juga diyakini dapat bermanfaat membantu mengatasi penyakit kulit. Mulai dari jerawat, eksim hingga prosiasis.
  • Mencegah depresi. Paparan sinar matahari pagi juga mampu menghindari Anda dari depresi. Kurangnya sinar matahari pagi dapat menurunkan kadar hormon seronin di dalam tubuh, sehingga mudah terjadi depresi.
  • Menekan resiko kanker Terpapar sinar matahari secara berlebihan juga dapat memicu terjadinya kanker kulit. Namun jika kadarnya tepat sinar matahari juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Seperti kanker prostat, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker usus besar, dan kanker getah bening.

Jika kita sudah mengetahui bahwa sangat banyak manfaat sinar matahari bagi kehidupan dan bagi manusia, kita juga harus mengetahui apa saja yang tidak bermanfaat dari sinar matahari.

8 Efek buruk sinar matahari:

  1. Sengatan matahari di jam 12-15 siang dapat memperngaruhi kulit terkena kanker kulit.
  2. Sinar ultra violet dalam sinar matahari dan bercamput dengan debu kotoran dan asap kendaraan dapat menyebabkan radikal bebas.
  3. Sinar matahari yang terlalu terang pada siang hari dapat merusak retina mata Anda.
  4. Pantulan sinar matahri yang berkedip dari kaca atau kaca spion kendaraan dapat mengacaukan pandangan Anda.
  5. Sinar matahari juga ternyata dapat membuat seseorang terkena alergi jika terlalu panas.
  6. Sinar matahri yang terlalu panas juga membuat banyak orang tidak terlalu nyaman jika diatas 40 derajat celcius.
  7. Sinar matahari pada musim kering [panas] juga dapat membuat kebakaran pada hutan.
  8. Sinar matari pada musim kering juga dapat memicu kemarau yang sangat panjang.
Anti paparan sinar mataheri untuk produk kecantikan

Efek buruk dari sinar matahari karena radikal bebas Anda dapat menggunakan skincare yang terdapat anti UV, SPF dan yang mengandung AHA nya, ini akan membantu Anda menjaga kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Dan mencegah jika nantinya terjadi musim kemarau yang panjang adalah menggunakan air tanah sebaik-baiknya dan mempertahankan pohon-pohon besar, untuk mencegah terjadinya kekeringan.

infografik sunscreen protection
Infografik kulit dan sunscreen protection

Produk anti Ultra Violet dan produk skincare AHA juga dapat Anda kembangkan dan formulasikan di Kami. Jangan sungkan untuk berkonsultasi, karena kami memberikan semuanya secara gratis.